Rabu, 28 Oktober 2015

Pendahuluan

     BAB 1
     Pendahuluan

       1.      Pengertian ilmu budaya dasar
       Ilmu budaya dasar (the humanities) adalah suatu pengetahuan yang mencakup berbagai masalah          kemanusiaan dan budaya, dengan menggunakan pengertian-pengertian yang telah dikembangkan        oleh berbagai bidang pengetahuan keahlian yang tergolong dalam pengetahuan budaya.

 2.    Ruang lingkup kajian:
        Ada dua  masalah yang bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang                  lingkup kajian mata kuliah ilmu budaya dasar. Kedua masalah tersebut ialah:
        1.      Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan                budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik              dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara                    gabungan (antara bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
             Hakikat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya                dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat. Dalam melihat dan menghadapi                        lingkungan alam, sosial, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan,              akan tetapi ketidaksamaan yang diungkapkan secara tidak seragam

Tim IBD dari konsorium sudah berusaha mengadakan pembagian masalah-masalah tersebut secara flexible.  Pada tahun1972 masalah-masalah tersebut dibagi menjadi 10 tema, yaitu:
1.      Manusia dan pandangan hidup                        6. Manusia dan derita (penderitaan)
2.      Manusia dan asuhan                                        7. Manusia dan harapan
3.      Manusia dan tanggung jawab                          8. Manusia dan ketulusan
4.      Manusia dan cinta kasih                                  9. Manusia dan pengabdian
5.      Manusia dan kegelisahan                               10. Manusia dan keadilan
 
Pada tahun 1973, tim IBD membagi masalah-masalah menjadi 15 tema yang disusun sesuai dengan “lingkungan hidup manusia”, yaitu:
1.kelahiran
2. kebahagiaan dan humor
3. Cinta kasih dan keterbukaan
4. kedirian manusia dan perkelaminan
5. pengeluaran, pemanfaatan, dan penaklukan alam
6. keindahan dan khayalan
7. kekuatan dan kehormatan
8. kedakuan, pembrontakan, dan perbudakan
9. penderitaan
10. keadilan dan hak
11. kebebasan
12. kebijaksanaan dan pandangan hidup
13. kerinduan ilahi
14. iman dan kesucian
15. kematian

Pada tahun 1978, tim IBD menyusun kembali masalah-masalah tersebut menjadi 7 tema, yaitu:
1. keadilan                                                                5. harapan
2. tanggung jawab                                                    6. kegelisahan
3. cinta kasih                                                            7. penderitaan
4. pengabdian

Pada tahun 1980 tim IBD merumuskan menjadi 8 tema, yaitu:
1. pandangan hidup                                                 5. keadilan
2. keindahan                                                             6. kegelisahan
3. cinta kasih                                                            7. penderitann
4. tanggung jawab dan pengabdian                         8. Harapan

Pada tahun 1982, rumusan masalah-masalah yang akan dikaji dalam ilmu budaya dasar diformulasikan ke dalam satu tema, yaitu manusia sebagai makhluk budaya. Tema ini akan dikembangkan ke delapan pokok bahasan, yaitu:
1.      Manusia dan cinta kasih:                       
-          Cinta antara pria dan wanita                           
-          Kekeluargaan                                                 
-          Persaudaraan                                               
2.      Manusia dan keindahan:
-          Kontemplasi
-          Ekstasi
3.      Manusia dan penderitaan:
-     nasib buruk
-     penyesalan
-     kehilangan yang dicintai                                                                                             4.   Manusia dan keadilan:                                                                                                                   -  rasa keadilan                                                                                                                            -  perlakuan yang adil                                                                                                     5.   Manusia dan pandahan hidup:                                                                     
- cita-cita                                                                                                                                      - kebajikan
   6.   Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian:                                                                 - kesadaran                                                                                                                           - kewajiban                                                                                                                           - pengorbanan
   7.   Manusia dan kegelisahan:                                                                                                   -  keterasingan                                                                                                                       -  kesepian                                                                                                                             -  ketidakpastian 
    8.   Manusia dan harapan:                                                                                                             -  kepercayaan diri                                                                                                                 -  gairah mengatasi kesulitan   
                                                            
 3.     Ilmu alamiah dasar  (IAD), ilmu sosial dasar (ISD), dan ilmu budaya dasar (IBD)        yang masing-masing ingin membuka ingin membuka pagar-pagar yang membatasi disiplin-disiplin yang membentuk masing-masing kelompok ilmu itu. Sebagai contoh disiplin misalnya: sosiologi, fisika, dan kritik musik. Disiplin-disiplin yang tergolong IAD: fisika, kimia, astronomi, geologi, metereologi, serta biologi. Lima yang terdahulu mewujudkan ilmu-ilmu fisis, sedangkan yang terakhir ilmu-ilmu biotis: zologi, fitiologi, dan fisiologi manusia) ISD meliputi dua kelompok: studi manusia,dan studi lembaga-lembaga sosial. Yang terdiri atas: psikologi, sosiologi, antropologi, ekonomi, dan politik. Tujuan retorika tertulis adalah melatih mahasiswa untuk menulis prosa dengan idiom yang baik dalam gaya bahasa yang berlaku berdasarkan logika yang layak. Melalui latihan yang banyakmdi bawah bimbingan dosen yang cakap. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia berkomunikasi dengan sesamanya secara langsung sehingga membutuhkan retorika lisan. IBD jika memberikan retorika lisan haruslah pada praktek berpidato dimuka umum, menurut gaya bahasa yang berlaku, berdasarkan struktur bahasa yang logis.  
        1.  Ilmu budaya dasar sebagai komponen mata kuliah dasar umum (MKDU)
Kita telah mengetahui bahwa pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata, material dan spiritual berdasarkan pancasila. Hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendekatan dan strategi pembangunan hendaknya menempatkan manusia sebagai pusat interaksi kegiatan pembangunan spiritual maupun material. Pembangunan melihat manusia sebagai makhluk budaya, dan sebagai sumber daya dalam pembangunan. Hal ini berarti bahwa pembangunan seharusnya takwa kepada tuhan yang maha esa, mampu meningkatkan harkat dan martabat manusia, menumbuhkan kepercayaan diri sebagai bangsa, menumbuhkan sikap hidup yang seimbang, serasi, yang berkepribadian utuh, dan memiliki moralitas serta integritas sosial yang tinggi.
                Oleh mariatmodjo, BS dalam “Catatan Kecil tentang Humaniora”, kompas 31 Maret                             1983: Ilmu Budaya Dasar. Ilmu budaya dasar terjemahan dari istilah Basic Humanities                         atau pendidikan humaniora. Humaniora dalam bahasa latin berarti manusiawi.                                       Humaniora ini menyajikan baham pendidikan yang mencerminkan  keutuhan manusia                         dan membantu agar manusia menjadi lebih manusiawi. Sehubungan itu filosof                                     Indonesia martiatmodjo menegaskan bahwa perlunya humaniora bagi pendidik berarti                         menempatkan manusia ditengah-tengah proses pendidik.
                Adapun sumbangan humaniora kepada proses pendidikan menurut beliau ada 3,                                   sebagai berikut:
           1.      Menyatuderapkan pengembangan pikiran (rasio) dengan hati (rasa)
           2.      Memperkenalkan kepada anak didik pada nilai-nilai kemanusiaan yang universal                dan abadi
           3.      Mengerjasamakan pendidik dengan anak didik serta teori dan praktek.

      Penjelasan untuk masing-masing adalah demikian. Pertama, pengembangan akal                                   manusia yang penting bukan maksimalnya melainkan optimalnya, yakni dengan pengarahan               budi manusia kepada yang baik. Menjadikan manusia bijaksana harus dilengkapi dengan                     memanusiakan perilakunya. Kedua, melalui penguasaan bhasa yang benar dan pengenalan                   yang baik terhadap sastra, seni, dan sejarah, anak didik dibentuk untuk mengenal pola-pola                 nilai secara luas, sehingga mereka mampu meneliti sikap dan perilakunya terhadap gejala-                   gejala sosial, ekonomi, politik, dan budaya dalam masyarakat. Ketiga, berkaitan dengan                       metoda humaniora yang mengutamakan kerjasama antara pendidik, anak didik, teori yang                   diajarkan dan praktiknya dalam kehidupan yang meliputi retorika tertulis, dan lisan.

      MKDU yang diberikan oleh perguruan tinggi pada umumnya terdiri dari 6 mata kuliah yaitu:
1.      Agama                                                       4. Ilmu budaya dasar (IBD)
2.      Pancasila                                                   5. Ilmu sosial dasar (ISD)
3.      Kewirausahaan                                          6. Ilmu alamiah dasar ( IAD)
                                                                                     
     Tujuan MKDU adalah untuk menghasilkan warga Negara sarjana yang mempunyai kualitas                sebagai berikut:
1.      Berjiwa pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengamalan nilai pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional dan kemanusiaan.
2.      Bertakwa kepada tuhan yang maha esa, bertindak sesuai dengan ajaran agamanya, dan memiliki tenggang rasa terhadap pemeluk agama lain.
3.      Memiliki wawasan komprehensif dan pendekatan integral didalam menghadapi permasalahan kehidupan, baik social, ekonomi, politik, kebudayaan, maupun pertahanan keamanan.
4.      Memiliki wawasan kebudayaan yang luas tentang kehidupan bermasyarakat, secara bersama-sama mampu berperan untuk meningkatkan kualitas maupun lingkungan alamiah, dan berperan serta di dalam pelestariannya.

5.                              Tujuan ilmu budaya dasar                                                                                                                          1.  Agar mahasiswa lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya                         2.  Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat,                                          menghormati serta simpati pada nilai-nilai lain yang hidup dalam masyarakat.
             3.  Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan daya kebudayaan
             4.  Menambah kemampuan mahasiswa untuk mananggapi masalah nilai-nilai budaya dalam                     masyarakat Indonesia dan dunia tanpa terpikat oleh disiplin mereka.
             5.  Agar mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun
             6.  Agar dapat memenuhi tuntutan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dharma                         pendidikan.
1.    
                                               Hubungan IBD dengan ilmu-ilmu eksak
      A.    Hubungan IBD dengan ilmu teknik
Tidak heran jika pengetahuan budaya dasar itu berkaitan dengan ilmu-ilmu teknik, justru teknologi itu adalah hasil dari budaya manusia. Hal itu dapat kita perhatikan pada hasil yang bebrbentuk bangunan, seperti bangunan rumah, bangunan jembatan, motor, dan robot
1.      Hubungan manusia dengan bangunan rumah
Dari konstruksinya, mereka sudah menggunakan ilmu yang memadai. Selanjutnya jika berkembang, mereka sadar dan membuat tempat-tempat sesuai dengan kebutuhannya. Dari rasa estetik yang dimilikinya, mereka mampu berkreasi untuk menciptakan keindahan dan mengubah atap rumahnyadari dahn-dahan menjadi genting.
2.      Hubungan manusia dengan bangunan jembatan
Manusia yang bertujuan untuk menciptakan alat perhubungan antara persekutuan yang satu dengan persekutuan yang lain, akibat adanya pemisah, misalnya: sungai, atau alam yang lain.
3.      Hubungan manusia dengan alat-alat elektronik
              Perkembangan budaya dalam bidang teknik elektronik pada hasil-hasil mesin, seperti: mobil, komputer, dan robot. Manusia berkeinginan untuk memenuhi kehendak agar mencapai pandangan hidup yang dicita-citakan, misalnya: keindahan, tanggung jawab, dan harapan.

        A.    Hubungan IBD dengan ilmu pertanian
        Masyarakat kita bersifat agraris. Karena itulah, IBD berusaha mengikuti                             perkembangan dengan ilmu-ilmu pertanian modern, antara lain: tanah sebagai                     fokusnya, pada tanamannya, pada hama dan penyakitnya, dan berprihatin kepada               perekonomiannya.
        1.      Hubungan IBD dengan tanah sebagai fokusnya
   Adat dalam masyarakat dapat dibedakan menjadiempat macam, yaitu:
      -          Adat yang sebenarnya adat            
      -          Dalam masyarakat                             
      -       adat yang beradat yaitu adat yang terjadi karena kebijaksanaan
      -          adat istiadat yaitu adat yang terjadi dalam masyarakat sejak hokum agama                 berlaku
      2.      Hubungan IBD dengan tanaman sebagai fokusnya
Para budayawan pertanian berperan sekali untuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam pengembangan di sector pertanian. Untuk meningkatkan pengembangan itu para ahli selalu menghasilkan penelitiannya terhadap tanaman-tanaman yang cocok dengan tanah.
      3.      Hubungan IBD Dengan hama dan penyakit sebagai fokusnya
Para ahli yang berbudaya dituntut untuk segera mengatasi kesukaran yang berhubungan dengan pembangunan di sektor pertanian dengan memberantas hama tikus, dan wereng. Karena itu obat hasil penelitiannya yang ampuh yang diharapkan oleh mereka.
     4.      Hubungan IBD dengan ilmu biokimia sebagai fokusnya
Orang dapat menghasilkan bahan-bahan kimia yang berguna bagi pembangunan di sektor pertanian, hal itu dapat kita perhatikan pupuk-pupuk yang sangat berguna untuk tanah.
     5.      Hubungan IBD dengan perekonomian sebagai fokusnya
Melalui perekonomian manusia budaya akan selalu berusaha, bagaimana hasil sektor pertanian itu dapat dikembangkan dengan leluasa, baik bersifat nasional maupun internasional.

          B.     Hubungan IBD dengan ilmu kedokteran
          Fakultas kedokteran akan selalu parallel dan tidak akan sumbang dengan penalaran             manusia yang kreatif dan bermoral tinggi.

                     1.    Konsep ilmu dasar dan filsafat
                   Pembagian dalam filsafat ditinjau dari system tertentu (sistematik), yaitu:
                   1.      Tinjauan yang mementingkan hakikat, objeknya segala sesuatu dan jenis ini                      dikenal sebagai metafiska.
              2.      Filsafat logika yaitu dalam meninjau segala sesuatu mendasarkan akal.
              3.      Filsafat mengenal yaitu dalam meninjau segala sesuatu itu dari prosesnya.
              4.      Filsafat ilmu pengetahuan yaitu dalam menghadapi segala sesuatu dicari                             sebabnya, menguasai hukum-hukum kebiasaannya.
              5.      Filsafat alam kodrat.
              6.      Filsafat kebudayaan yaitu mengkaji kebudayaan hasil pengolahan manusia.
              7.      Filsafat sejarah (kebudayaan)
              8.      Aestetika ( estetika) yaitu mengenai baik buruk melalui rasa keindahan, harmoni               manusia dengan sekitarnya.
              9.      Filsafat antropologi yaitu meninjau tentang apa sebab manusi dapat                                   menampakkan bahagia atau tidaknya.
   
Sumber : Buku ilmu budaya dasar.  Drs. Joko Tri Prasetya,dkk
                            

                

                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar