Sabtu, 14 Oktober 2017

REVIEW JURNAL

Nama  : Yelpi Pertiwi
Kelas  : 3EA25
NPM  : 17215230

Tugas : Ekonomi Koperasi


REVIEW JURNAL

A. Judul           : Strategi Pengembangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Dalam Pembiayaan Usaha 
                           Mikro di Kecamatan Tanjungsari, Sumedang

B. Jurnal          : Manajemen IKM


D.  Vol dan Hal : Vol 8 No 1 dan Hal 27-35

E.   Tahun          : 2013

F.    Penulis        : Mochamad Hasjim Bintoro dan Soewarno Tjokro Soekarto

G.    Reviewer    : Yelpi Pertiwi 17215230

H.    Tanggal        : 14 Oktober 2017

I.    Latar Belakang dan Tujuan: 
    - Latar Belakang : Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) sebagai lembaga keuangan mikro
                                  syariah memiliki peran strategik dalam perluasan lapangan kerja dan 
                                  mengurangi kemiskinan. KJKS berperan sebagai agent of asset distribution
                                  untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, melalui kegiatan baitul maal 
                                  yang berfungi sebagai lembaga sosial dan baitul tamwil sebagai lembaga
                                  bisnis dengan pola syariah. Pelaku usaha mikro pada krisis ekonomi yang
                                  terjadi di Indonesia tahun 1998, ternyata dapat bertahan dan tetap eksis dalam 
                                  perekonomian nasional. Hal tersebut disebabkan usaha mikro bukan usaha yang
                                  padat modal, tetapi padat karya dan lebih banyak menggunakan sumber daya 
                                  lokal. KJKS memiliki peran strategik dalam perluasan lapangan kerja dan
                                  mengurangi kemiskinan. Optimasi zakat, infaq, sodaqoh dan wakaf (ziswaf) 
                                  melalui usaha produktif yang berkesinambungan oleh baitul maal KJKS akan 
                                  bermuara pada pengurangan penduduk miskin. Disinilah KJKS dapat berperan 
                                  sebagai agent of asset distribution untuk memberdayakan ekonomi masyarakat. 
                                  KJKS melalui kegiatan baitul maal berfungi sebagai lembaga sosial dan melalui
                                  kegiatan baitul tamwil berfungsi sebagai lembaga bisnis yang profit oriented
                                  dengan pola syariah.

    - Tujuan penelitian adalah: 1. Mengidentifikasi aspek-aspek yang dimiliki KJKS
                                                2. Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dapat  
                                              menunjukkan posisi Koperasi dan peluangnya 
                                          3. Menyusun rumusan dan alternatif strategi yang tepat untuk
                                              pengembangan KJKS

J. Subjek         : UMKM

      K. Metode      : -   Jenis Data                           : Data Primer dan Data Sekunder
                               -   Teknik Pengumpulan Data : Studi pustaka, Observasi Lapangan, Kuesioner, 
                                                                                Kertas Kerja dan Wawancara dengan pendekatan  
                                                                                keahlian (pengurus/pengelola dan pakar
                         -  Analisis Data                      : 1. Data : - Kualitatif (menggambarkan profil,
                                                                                          produk, proses proses kegiatan usaha                                                                                               KJKS, menggambarkan matriks Internal 
                                                                                          Factor Evaluation (IFE), External Factor
                                                                                       Evaluation (EFE), Internal-External (IE)
                                    -   Kuantitatif (melakukan tabulasi   
                                       perhitungan atas penilaian kesehatan dan
                                       pembobotan atas IFE, EFE, dan IE).
                           2. Alat uji : Teknik non-probability sampling 
                                              menggunakan rumus slovin
                           3. Tahapan: Melalui studi kasus, observasi  
                                              lapangan dan wawancara dengan 
                                              pendekatan keahlian (pengurus/  
                                              pengelola dan pakar) dan kuisioner.

       L.  Hasil         : Nilai total volume usaha koperasi pada tahun 2011 Rp95.06 triliun atau rata- 
                               rataper provinsi Rp2.88 triliun. Dalam aspek perkoperasian dan promosi ekonomi
                         anggota, capaian yang diperoleh adalah: 
                         a.  Rasio partisipasi bruto 100% (sepenuhnya melayani kebutuhan pembiayaan 
                             anggota)
      b.  Rasio promosi ekonomi anggota 56,32% berada pada predikat tinggi, telah 
          mampu memberikan manfaat bagi anggota
      c.  Mutu layanan KJKS BMT Mardlotillah mempengaruhi 55,23% kepuasan 
          anggota, dengan faktor dominan melalui daya tanggap dan empati pada anggota
      d. Kepuasan anggota terhadap mutu layanan juga menunjukkan tingkat kepuasan 
         nyata karena 74% puas terhadap mutu pelayanan KJKS BMT Mardlotillah.
                                  Kepuasan anggota membuat keinginan untuk menyampaikan pengalaman 
                                  baiknya atas pelayanan (74%), keinginan untuk tetap menggunakan jasa 
                                  Koperasi (72%) dan kemauan mengajak/mempengaruhi orang lain untuk 
                                  menggunakan jasa KJKS BMT Mardlotillah (89%). Selaras dengan hasil 
                                  penelitian Mahri (2006), bahwa semakin tinggi mutu pelayanan.

                               Dalam aspek kesehatan kinerja, terutama di bidang keuangan diperoleh hasil 
                               berikut:
      a. Penilaian kinerja kesehatan KJKS BMT Mardlotillah 81,76 dengan   predikat 
          Sehat
      b. Rasio Kecukupan Modal/CAR 11,40% berada pada predikat Sehat
      c. Rasio tingkat piutang dan pembiayaan bermasalah terhadap jumlah piutang dan
          pembiayaan 4,55% berada pada predikat lancer
      d. Rasio pembiayaan berisiko terhadap jumlah piutang dan pembiayaan 2,86% 
          berada pada predikat berisiko rendah
      e.Rasio biaya operasional pelayanan terhadap partisipasi bruto (pendapatan dari 
         partisipasi anggota) 64,68% berada pada predikat efisien

     Dalam aspek pelaksanaan, prinsip syariah yang dicapai adalah:
     a. Skor Kepatuhan Prinsip Syariah dari KJKS BMT Mardlotillah 8% (dari standar 
        10%), berada pada predikat patuh
     b. 90% anggota setuju bahwa pengelolaan usaha KJKS sudah sesuai prinsip 
         syariah
                              c. KJKS telah menjalankan kegiatan maal (sosial) melalui penyaluran dana ZIS.

    M.  Kekuatan  : a. SDM Pengelola/Karyawan Potensial KJKS BMT Mardlotillah memiliki SDM
                                  Pengelola/Karyawan dengan tingkat Pendidikan Tinggi (D3-S2) dan memiliki
                                  komitman dalam pemberdayaan anggota dan calon anggota dari masyarakat
                                  sekitar
                              b. Pelayanan Ramah dan Tanggap KJKS BMT Mardlotillah memberikan
                                  pelayanan yang memberikan kepuasan anggota terutama daya tanggap dan
                                  empati pada anggota
                              c. Lokasi Usaha Strategik KJKS BMT Mardlotillah berlokasi di pasar
                                 Tanjungsari sebagai lokasi starategik tempat transaksi anggota dari kalangan 
                                 petani, peternak, pengrajin dan pedagang di Kecamatan Tanjungsari.

    N.    Kelemahan: a. Pengawasan manajemen dan prinsip syariah. Keterbatasan pengawasan  
                            manajemen dan prinsip syariah disebabkan masih belum sempurnanya sistem
                            teknologi informasi dan Standar Operasional Manajemen/Standar Operasional
                            Prosedur (SOM/SOP)
                        b. Minimnya minat anggota untuk menabung Anggota lebih banyak melakukan
                            pinjaman pembiayaan dibandingkan menabung. Sebagaian besar modal
                            koperasai berasal dari lembaga keuangan dan lembaga donor
                        c. Besarnya pembiayaan bermasalah. Walaupun masih dibawah normal atau
                            standar kepatutan lembaga keuangan, namun besarnya pembiayaan              
                            bermasalah masih cukup besar nilainya di bandingkan modal sendiri koperasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar