Nama  : Yelpi
Pertiwi
Kelas  : 3EA25
NPM  :
17215230
Tugas : Ekonomi Koperasi
REVIEW JURNAL
A. Judul           : Strategi
Pengembangan Koperasi Jasa Keuangan Syariah Dalam Pembiayaan Usaha 
                           Mikro di Kecamatan Tanjungsari, Sumedang
B. Jurnal          : Manajemen
IKM
C.   Sumber        :
http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/
D.  Vol
dan Hal : Vol 8 No 1 dan Hal
27-35
E.   Tahun
         : 2013
F.    Penulis        :
Mochamad Hasjim Bintoro dan Soewarno Tjokro Soekarto
G.    Reviewer    :
Yelpi Pertiwi 17215230
H.    Tanggal        :
14 Oktober 2017
I.    Latar
Belakang dan Tujuan: 
    - Latar Belakang : Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) sebagai
lembaga keuangan mikro
                                  syariah memiliki peran strategik dalam perluasan
lapangan kerja dan 
                                  mengurangi kemiskinan. KJKS berperan sebagai
agent of asset distribution
                                  untuk memberdayakan ekonomi
masyarakat, melalui kegiatan baitul maal 
                                  yang berfungi sebagai lembaga sosial dan baitul tamwil sebagai lembaga
                                  bisnis dengan pola syariah. Pelaku usaha mikro pada krisis ekonomi yang
                                  terjadi di Indonesia tahun 1998,
ternyata dapat bertahan dan tetap eksis dalam 
                                  perekonomian nasional. Hal
tersebut disebabkan usaha mikro bukan usaha yang
                                  padat modal,
tetapi padat karya dan lebih banyak
menggunakan sumber daya 
                                  lokal. KJKS memiliki peran strategik dalam
perluasan lapangan kerja dan
  
                               mengurangi
kemiskinan. Optimasi zakat, infaq, sodaqoh dan wakaf (ziswaf) 
                                  melalui usaha produktif yang
berkesinambungan oleh baitul maal KJKS akan 
                                  bermuara pada pengurangan penduduk miskin. Disinilah KJKS dapat
berperan 
                                  sebagai agent of asset distribution untuk memberdayakan
ekonomi masyarakat. 
                                  KJKS melalui kegiatan baitul maal berfungi
sebagai lembaga sosial dan melalui
                                  kegiatan baitul tamwil berfungsi
sebagai lembaga bisnis yang profit oriented
                                  dengan pola syariah.
    - Tujuan penelitian adalah: 1. Mengidentifikasi
aspek-aspek yang dimiliki KJKS
                                                2.
Mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang dapat  
                                              menunjukkan posisi Koperasi dan peluangnya 
                                          3. Menyusun rumusan dan
alternatif strategi yang tepat untuk
                                              pengembangan KJKS
J. Subjek         :
UMKM
      K. Metode      :  -   Jenis
Data                           : Data Primer dan Data Sekunder
                               -   Teknik
Pengumpulan Data : Studi pustaka, Observasi Lapangan, Kuesioner, 
                                                                                Kertas Kerja dan Wawancara dengan pendekatan  
                                                                                keahlian (pengurus/pengelola dan pakar
                         -  Analisis
Data                      : 1.
Data : - Kualitatif (menggambarkan profil,
                                                                                          produk, proses proses kegiatan usaha                                                                                               KJKS, menggambarkan matriks Internal 
                                                                                          Factor Evaluation (IFE), External Factor
                                                           
                           Evaluation (EFE), Internal-External (IE)
                                    -   Kuantitatif
(melakukan tabulasi   
                                       perhitungan atas penilaian kesehatan dan
                                       pembobotan atas IFE,
EFE, dan IE).
                           2. Alat uji : Teknik non-probability
sampling 
                                              menggunakan rumus slovin
                           3. Tahapan: Melalui studi kasus,
observasi  
                                              lapangan dan wawancara dengan 
                                              pendekatan keahlian (pengurus/  
                                              pengelola dan pakar) dan kuisioner.
       L.  Hasil         : Nilai total volume usaha koperasi
pada tahun 2011 Rp95.06 triliun atau rata- 
                               rataper provinsi Rp2.88 triliun.
Dalam aspek perkoperasian dan
promosi ekonomi
                         anggota, capaian yang diperoleh adalah: 
                         a.  Rasio
partisipasi bruto 100% (sepenuhnya melayani kebutuhan pembiayaan 
                             anggota)
      b.  Rasio
promosi ekonomi anggota 56,32% berada pada predikat tinggi, telah 
          mampu memberikan
manfaat bagi anggota
      c.  Mutu
layanan KJKS BMT Mardlotillah mempengaruhi 55,23% kepuasan 
          anggota, dengan faktor dominan melalui daya tanggap
dan empati pada anggota
      d. Kepuasan
anggota terhadap mutu layanan juga menunjukkan tingkat kepuasan 
         nyata karena
74% puas terhadap mutu pelayanan KJKS BMT Mardlotillah.
                                  Kepuasan anggota
membuat keinginan untuk menyampaikan pengalaman 
                                  baiknya atas pelayanan (74%),
keinginan untuk tetap menggunakan jasa 
                                  Koperasi (72%) dan kemauan
mengajak/mempengaruhi orang lain untuk 
                                  menggunakan jasa KJKS BMT Mardlotillah
(89%). Selaras dengan hasil 
                                  penelitian Mahri (2006), bahwa semakin tinggi mutu
pelayanan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
                               Dalam aspek kesehatan
kinerja, terutama di bidang keuangan diperoleh hasil 
                               berikut:
      a.
Penilaian kinerja kesehatan KJKS BMT Mardlotillah 81,76 dengan   predikat 
          Sehat
      b. Rasio Kecukupan Modal/CAR 11,40% berada pada
predikat Sehat 
      c.
Rasio tingkat piutang dan pembiayaan bermasalah terhadap jumlah piutang dan
          pembiayaan 4,55% berada pada predikat lancer
      d.
Rasio pembiayaan berisiko terhadap jumlah piutang dan pembiayaan 2,86% 
          berada
pada predikat berisiko rendah
      e.Rasio biaya operasional pelayanan terhadap
partisipasi bruto (pendapatan dari 
         partisipasi
anggota) 64,68% berada pada predikat efisien
     Dalam
aspek pelaksanaan, prinsip syariah yang dicapai adalah: 
     a.
Skor Kepatuhan Prinsip Syariah dari KJKS BMT Mardlotillah 8% (dari standar 
        10%),
berada pada predikat patuh
     b. 90% anggota setuju bahwa pengelolaan usaha
KJKS sudah sesuai prinsip 
         syariah
                              c. KJKS telah menjalankan kegiatan maal
(sosial) melalui penyaluran
dana ZIS.
    M.
 Kekuatan  :
a. SDM Pengelola/Karyawan Potensial KJKS BMT Mardlotillah memiliki SDM
                                  Pengelola/Karyawan
dengan tingkat Pendidikan Tinggi (D3-S2) dan memiliki
                                  komitman dalam pemberdayaan
anggota dan calon anggota dari masyarakat 
                                  sekitar
                              b. Pelayanan Ramah
dan Tanggap KJKS BMT Mardlotillah memberikan
                                  pelayanan yang memberikan kepuasan anggota
terutama daya tanggap dan 
                                  empati pada
anggota
                              c. Lokasi Usaha Strategik KJKS BMT
Mardlotillah berlokasi di pasar
                                 Tanjungsari sebagai lokasi starategik tempat
transaksi anggota dari kalangan 
                                 petani, peternak,
pengrajin dan pedagang di Kecamatan Tanjungsari.
    N.    Kelemahan:
a. Pengawasan manajemen dan prinsip syariah. Keterbatasan pengawasan  
                            manajemen dan prinsip syariah
disebabkan masih belum sempurnanya sistem
                            teknologi informasi dan
Standar Operasional Manajemen/Standar Operasional
                            Prosedur (SOM/SOP)
                        b. Minimnya minat anggota
untuk menabung Anggota lebih banyak melakukan 
                            pinjaman pembiayaan
dibandingkan menabung. Sebagaian besar modal 
                            koperasai berasal dari
lembaga keuangan dan lembaga donor
                        c. Besarnya pembiayaan bermasalah. Walaupun
masih dibawah normal atau 
                            standar kepatutan
lembaga keuangan, namun besarnya pembiayaan              
                            bermasalah masih cukup
besar nilainya di bandingkan modal sendiri koperasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar